Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Jumat, 30 Desember 2011

AMD Fusion Utility ; Software Untuk Memaksimalkan, atau Mengefisienkan Sistem Komputer


Sebelumnya saya ingin minta maaf jika terlalu banyak menulis/membahas tentang sistem komputer yang berbasiskan prosesor AMD. Hal ini dikarenakan komputer yang saya punya juga dimotori oleh prosesor AMD. Otomatis, saya lebih familiar dengan AMD si rival Intel ini.
Setelah sekian kali saya berpusing ria mencari info-info tentang AMD beserta segala pendukung-pendukungnya baik itu yang bentuknya software, Tools, atau utility, ternyata banyak sekali yang bisa kita gunakan (download) secara free di internet. Wah, jadi semakin bangga nih, menjalin kerja sama dengan AMD (Advanced Micro Device), hihihi…
Nah, bagi kalian yang kompie/laptop/netbooknya memakai jasa prosesor AMD dan VGA-nya ATI Radeon (umumnya AMD berkolaborasi dengan ATI), ada satu utility yang bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan, atau bisa dikatakan “mengefisienkan” kinerja dari sistem kamu. Nama utility tsb adalah AMD Fusion Utility.
AMD Fusion Utility
Prinsip kerja software ini layaknya sebuah software manager. Terdapat banyak profil di tampilan sebelah kiri.
AMD Fusion Utility profile Profil Windows adalah profil-profil bawaan windows, seperti power saver, balanced, dan high performance.
User Profiles adalah profil yang telah kamu buat dahulu kala. Misalnya jika kamu pakai laptop dan pernah membuat profil Calibration (untuk kalibrasi baterai), maka akan terlihat disitu. Atau jika kamu menggunakan Software Game Booster, maka akan tampil Game Mode Power Plan yang telah kamu buat.
Sedangkan pada tampilan AMD, terdapat banyak sekali yang bisa dipilih. Dari Information Worker Productivity, sampai Gaming mode. Kesemua profil tersebut jika dipilih maka sistem akan otomatis menyesuaikan kebutuhan dengan seefisien mungkin.
Jika kurang jelas, maka klik saja Help and Support, seperti tampak pada gambar, maka segala fitur tentang AMD Fusion utility akan terjabarkan disana.

Cara memaksimalkan kinerja sistem dengan utility ini, bisa dengan cara yang lebih ekstrim lagi seperti overclock Prosessor, RAM, maupun VGA. Baca sendiri di Help and Support. Tapi hal ini sangat riskan bagi seorang yang awam di bidang overclocking.
Okey, untuk menginstalnya, pastikan kamu sudah download softwarenya. Silakan download di situs http://www.softpedia.com/progDownload/AMD-Fusion-for-Gaming-Download-110210.html.
Setelah didownload, langsung saja diinstal. Tapi sewaktu pertama kali mau menginstal, saya mendapat pesan error kalau salah satu data ada yang belum terinstal di laptop. Yaitu Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable x86. Jika kalian mendapatkan error yang sama, maka hal tersebut dikarenakan file tersebut belum terinstal di PC kamu. Silakan download filenya di alamat :
Instal saja seperti biasa file tsb. Jika telah terinstal, selanjutnya giliran AMD Fusion Utility yang diinstal.
AMD Fusion Utility installation
Setelah terinstal, maka hasilnya akan bisa kamu lihat sendiri. Tampilannya adalah seperti berikut :
AMD Fusion Utility overview
Silakan dinikmati, jangan lupa baca help and support-nya jika belum jelas… !!!
Semoga bermanfaat …!
Tutorial AMD Fusion Utility on YouTube

2 komentar: