Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Senin, 05 Maret 2012

LibreOffice : Software Office Dengan Lisensi gratis

 

Bagi pengguna Sistem Operasi Windows, atau pengguna komputer pada umumnya, Microsoft Office mungkin sudah sangat familiar di mata mereka. Atau bahkan  mungkin sebagian dari orang awam, ada yang menganggap kalau untuk tugas tulis-menulis dan kegiatan perkantoran lainnya, hanya Microsoft Office-lah satu-satunya software yang bisa digunakan. Hal ini dikarenakan, MS Office seperti sudah menjadi ikon oleh khalayak. Misalnya begini, dahulu orang Indonesia pertama kali mengenal produk sepeda motor adalah produk dari Honda, sebelum ada produk-produk yang lain. Akhirnya masyarakat menyebut sepeda motor dengan sebutan Honda. Padahal “Honda” hanyalah kata khusus dari “Sepeda Motor”.

Hal tersebut juga berlaku pada kasus MS Office. Mungkin hampir 90% dari instansi pendidikan dasar di negara ini menggunakan MS Office untuk mengenalkan anak didiknya dengan dunia tulis-menulis secara digital. Dulu, saya saja ketika pertama kali dikenalkan komputer oleh guru SLTP saya, Microsoft Office jugalah yang beliau ajarkan.

Nah, ada baiknya mulai saat ini kita mencoba untuk lebih terbuka untuk mau melihat, syukur-syukur malah mau menggunakan “teman-teman” dari MS Office. Dan salah satu yang akan saya sampaikan di sini adalah sebuah software office dengan nama LibreOffice. Bagi teman-teman yang pernah mengenal software OpenOffice pastinya tak akan penasaran lagi dengan tampilannya, karena hampir sama kedua software ini. bahkan dapat dikatakan “Bagai Pinang Dibelah Dua”.

Download LibreOffice di sini : http://www.libreoffice.org/download/

LibreOffice Logo

LibreOffice writer

Menurut saya, software ini sangatlah baik untuk tingkat Freeware namun dengan fitur yang lumayan lengkap. Pokoknya tak kalah deh dengan MS Office. Hanya saja mungkin kamu masih silau dengan nama besar Microsoft Office yang telah membahana si seantero dunia. Memang perlu keberanian untuk memulainya, karena kamu harus sedikit menyesuaikan dengan antarmukanya. Dengan niat untuk tidak mencuri lisensi dari kepemilikan orang lain, kamu pasti bisa memulainya dari hal-hal yang kecil seperti ini.

Kini saatnya bagi anda untuk memulai mencintai Freeware, dan hilangkan jalan-jalan pembajakan.

Semoga bermanfaat !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar