Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Sabtu, 04 Juni 2011

Mengenal Keping CD

 

CD-RW

Pernahkah kamu memiliki musik-musik favorit, foto kenangan indah anda, maupun  file-file yang sangat penting, tapi tak tahu kemana harus menyimpannya ???  Yah, salah satu media yang paling cocok adalah dengan menyimpannya (membakar/burning) ke dalam keping CD.

CD disc adalah salah satu media penyimpanan yang bisa digunakan untuk menyimpan file-file digital, termasuk file multimedia. Sering dipilih karena harganya yang dapat dikatakan murah untuk saat ini, tidak sampai belasan ribu malah.

Nah, jika kamu ingin membakar file-file ke dalam keping CD, terlebih dahulu kamu harus mengetahui lebih jauh tentang karakteristik dari keping CD itu sendiri. Berikut ini sedikit akan menambah pengetahuan kamu tentang tipe-tipe keping CD dan keterangannya :

Audio CD

Jenis Audio CD sangat cocok untuk membuat CD album musik kesayangan kamu, yang mana bisa kamu play di CD player, maupun player-player yang lain (car stereo, Home Stereo). Termasuk komputer kamu untuk melakukan playback. Jadi, hampir semua CD player bisa digunakan untuk memainkannya.

Namun yang patut diketahui, jenis ini hanya bisa diisi konten-konten musik saja. Namanya saja Audio kan… Jadi file-file mp3-lah yang cocok dibakar disini. Dan kapasitasnya hanyalah sampai durasi 80 menit.

Data CD

Pilihan bagus bagi kamu yang mempunyai banyak daftar lagu sekaligus CD player/ “car CD player” dimana bisa untuk memutar file WMA (windows media audio). Tapi, selain itu bisa juga digunakan untuk media back-up file.

Konten multimedia yang bisa dibakar yaitu Musik, Foto/gambar, maupun Video. Dan kapasitasnya bisa sampai 700 megabytes (MB), atau perhitungan kasarnya setara dengan 8 jam musik.

sedangkan media untuk mem-playback hampir semua bisa, yaitu berupa komputer, CD player  dan DVD player. Tapi satu yang perlu diingat, Media-media diatas harus mendukung file berekstensi WMA, MP3, JPEG, atau WMV (Windows media Video).

Data DVD

Karakteristiknya hampir sama dengan data CD, hanya saja karena kapasitasnya yang sangat besar, maka kita bisa memasukkan data yang tidak cukup bila kita bakar di Data CD.

Semua jenis file multimedia, musik, file foto, video, dsb, mampu dibakar di dalam “data DVD”. Dan kapasitanya sangat besar yaitu kira-kira 4.7 GB, atau setara dengan 54 jam memainkan musik. Data DVD sering digunakan untuk menyimpan video/film dengan kapasitas besar dan kualitas gambarnya bagus. Dan media untuk playback yaitu bisa dengan komputer maupun DVD player, yang mendukung file berekstensi WMA, MP3, JPEG, atau WMV.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar