Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Kamis, 02 Juni 2011

Tips Mencari dengan Akurat di Google

Sejak kedatangan mesin pencari yang bernama Google, manusia semakin mudah untuk mencari data di internet sesuai dengan yang diinginkan. Kita jadi lebih simpel dalam mencari data di internet. Cukup dengan mengetikkan beberapa kata, atau bahkan hanya satu kata kita akan langsung dicarikan link-link oleh Google menuju situs yang dicari. Tentunya situs tersebut juga sudah didaftarkan di Google dan telah terindeks di mesin pencari Google.

Tapi terkadang cari data dengan googling itu tidak semudah yang diharapkan. Kadang kita malah tersesat ke dalam situs-situs yang tidak menjadi tujuan utama kita. Dan akhirnya, waktu kita habis di depan internet, tapi kita tidak mendapat data atau informasi yang dibutuhkan.

Nah, untuk meningkatkan keakuratan saat kita googling, berikut ini ada beberapa tips simpel yang dapat diterapkan agar waktu dan pekerjaan kita menjadi seefisien mungkin.

1. Tuliskan Kata yang Sederhana

Seumpama kamu ingin mencari  materi tentang komputer, ya tulis saja komputer. Jika ingin mencari data tentang software, tulis saja : Software. Jadi kita tidak perlu menulis secara panjang lebar, bahkan sampai membentuk kalimat. Malah akan menjadi semakin jauh dari topik nantinya.

2. Jangan Sampai Salah Ejaan

Ini penting, karena keliru satu huruf pun, hasil indeks dari Google akan bisa jadi berbeda dari yang sebenarnya kita cari. Tapi untuk saat ini, mesin pencari Google kayaknya sudah lebih cerdas, pasalnya ketika kita salah ketik, biasanya ada saran dari google. Dan Google biasanya memberi tahu tentang kata atau ejaan yang benar.

3. Pakai Tanda Kutip (“ ”)

Tanda kutip dalam mesin pencari gunanya untuk menspesifikkan pencarian. Misalnya kamu ingin mencari film Jumper, jika hanya kamu tuliskan Jumper saja, maka akan menghasilkan begitu banyaknya pencarian.

Akan berbeda hasilnya jika kita memanfaatkan tanpa kutip, menjadi “Jumper”. pasti akan lebih akurat hasilnya.

4. Tambahkan AND, OR, dan NOT

Fungsi dari ketiganya juga agar pencarian lebih spesifik. Sebagai contoh,

ketikkan : Wanita AND kangker OR “kangker payudara” NOT seks. Maka google akan mencari situs tentang wanita dan penyakit kangker payudara, bukan situs-situs berkonten seks.

5. Gunakan tanda + dan -

Tanda ini hampir sama dengan fungsi AND dan NOT. Tanda + untuk menguatkan suatu kata yang akan dicari, sedangkan tanda – berfungsi untuk membuang daftar situs yang tidak ada hubungannya dengan yang kita cari.

Misalnya ingin mencari info tentang cara instal windows 7, maka bisa dengan mengetik seperti berikut : +”Windows 7” +instal +tutorial –woman –sex –make money.

6. Tuliskan kata sampai yang  paling spesifik

Suatu saat kamu ingin mencari info tentang ubuntu versi portable misalnya. Maka gunakan kata kunci “ubuntu portable”, atau  yang lebih spesifik lagi “ubuntu portable versi terbaru”, untuk mendapat info yang terupdate.

google acuracy

Sekian, Semoga bermanfaat !!!

Referensi : tabloid PCplus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar