Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Jumat, 03 Juni 2011

Trik Menjaga Harddisk Agar Awet

Harddisk merupakan perangkat keras yang fungsinya yaitu menyimpan data-data kita yang sifatnya permanen. Mengingat tugasnya yang begitu mulia, maka sudah sepantasnyalah bagi kita untuk merawatnya agar tetap dalam kondisi prima, tetap sehat, dan berumur panjang.

Berikut ini ada beberapa trik untuk harddisk komputer/laptop kamu agar awet dan bisa tahan lama :

1. Pastikan Tegangan Listrik Stabil

Untuk pengguna komputer /laptop dengan tegangan langsung dari listrik rumah, maka pastikan pasokan tegangan listrik yang masuk stabil, dan sesuai dengan spesifikasi komputer. Jika tegangan tak stabil dan kadang-kadang malah mati listrik mendadak, maka hal tersebut akan berakibat kurang baik bagi harddisk kamu. Sebenarnya bukan cuma harddisk saja yang akan terancam, tapi komponen lain juga. Kamu bisa mensiasatinya dengan memasang UPS (mesti keluar fulus nih…)AnnoyedAnnoyed

2. Simpan Data yang Penting Saja

Jangan suka menyimpan data-data yang tak terlalu penting untuk saat ini di harddisk internal kamu. Memory Harddisk yang penuh akan menyebabkan ia tak dapat membantu memory RAM, dan akibatnya performa komputer jadi melambat.

Jika memungkinkan, simpan saja data-data kamu di harddisk eksternal atau sekalian saja bakar di dalam dataDVD. Harga keping “data DVD” sekarang sudah bisa dikatakan murah.

3. Bersihkan Harddisk dari File Sampah

Setiap sebulan sekali minimal kamu harus membersihkan harddisk dari file-file yang telah tak terpakai. Untuk melakukannya kamu tak perlu repot-repot karena di internet banyak free software untuk melakukan removing dan cleaning harddisk kamu.

bersih dengan CCleaner

CCleaner merupakan salah satu aplikasi untuk membersihkan file-file sampah di dalam harddisk..!!

4. Chek isi Harddisk

Ini bisa dilakukan setiap satu bulan sekali, cek isi harddisk dan teliti apa ada file-file yang sebenarnya sudah tak kamu perlukan. Kalau di disk C, lihat apa ada aplikasi yang sebenarnya tak pernah kamu pakai, tapi masih terinstal di harddisk kamu. uninstall atau remove saja dari komputer.

5. Defragmentasi harddisk

Coba setiap dua minggu sekali cek apakah ada file-file yang terfragment. Untuk melihatnya kamu cukup ketik “disk defragmenter” pada kolom search dan “enter” (pada windows 7). Analisa untuk masing-masing disk, dan jika file-file yang terfragment telah lebih dari 11%, maka lakukan Defragment disk.

defragmenter 

6. Shut Down Komputer Dengan Benar

Ini juga tips sederhana tapi penting, jangan keseringan mematikan komputer dengan sembrono,hard shut down hanya dilakukan kalau terpaksa saja. Lakukan Shut Down dengan benar dan akan lebih baik jika Log off terlebih dahulu sebelum Shut Down.

7. Bersihkan Komponen di dalam  CPU

Bersihkan komponen-komponen dari debu dan kotoran lain. Dan cek semua komponen apakah kondisi dan posisinya masih dalam keadaan normal seperti semula.

Demikian sedikit trik untuk membantu menjaga harddisk kamu agar berumur panjang. Sekian, semoga bermanfaat …!!!

1 komentar: