Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Sabtu, 10 September 2011

Agar Dokumen Word Tersimpan Otomatis [AutoRecovery Save]

 

Pernahkan kamu mengalami hal seperti ini, sedang asyik mengetik tiba-tiba listrik untuk sambungan komputer kamu padam. Padahal kamu sudah capek mengetik berpuluh-puluh lembar page, dan tinggal beberapa lagi. Pastinya kamu akan jengkel menghadapi hal semacam itu, sambil berharap-harap cemas semoga data yang telah kamu ketik tadi tidak semuanya amblas dari harddisk.

Dahulu, saran dari teman-temanku, untuk menghindari hilangnya data saat tiba-tiba listrik padam ya sesering mungkin melakukan Save, toh cuma pencet tombol Ctrl + S saja kan ? Tapi ternyata cara tersebut dirasa masih kurang efektif, karena harus bolak-balik pencet tombol save atau [Ctrl+S].

Dan ternyata Microsoft Word telah menyediakan fitur yang bernama “AutoRecovery Save”. Bagaimana mengaktifkannya ? Silakan ikuti langkah berikut jika ternyata MS Word yang ada di komputer kamu belum disetting.

1. Pertama buka MS Word, dan langsung klik “File”>>”Word Options”.

2. Pilih Tab “Save” pada deretan pilihan di sebelah kiri jendela.

word autosave

3. Selanjutnya Centangi pada “Save AutoRecover information every”, dan tentukan mau tiap berapa menit MS Word melakukan save otomatis.

4. Untuk letak file AutoRecover, dibiarkan saja menurut defaultnya. Biasanya letaknya adalah di C:\Users\[nama user]\AppData\Roaming\Microsoft\Word.

5. Terakhir klik OK !!!

Nah, sekarang kamu tak perlu cemas lagi jika tiba-tiba kok ada masalah dengan pasokan listrik ke komputer kamu, data hasil ketikan kamu takkan lenyap.

Semoga bermanfaat !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar