Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Kamis, 08 September 2011

Mengenal seluk beluk “The Death Pixel” pada layar LCD

Bagi teman-teman yang menggunakan Layar LCD pada Laptop, Notebook, atau Komputer, maka akan dihadapkan dengan sebuah penyakit yang menyerang LCD. Penyakit tersebut mempunyai julukan “Death Pixel”.

Death Pixel dapat dikatakan adalah bagian pixel dari LCD yang mati. Bentuknya bisa berupa titik berwarna hitam, putih, atau warna lainnya. Tapi yang paling sering adalah titik dengan warna hitam.

Penyebab dari “Death Pixel” dapat bermacam-macam, diantaranya karena kotoran yang mengendap di layar (jarang dibersihkan), atau karena menyentuh/ nyolek-nyolek LCD terlalu keras. Dia itu sangat sensitif, guys. Jadi jangan terlalu sering dicolek-colek. Jika ingin membersihkan LCD, gunakanlah kain katun yang lembut, dan bisa ditambahkan sedikit air agar lembab. Akan lebih bijaksana lagi jika LCD dilindungi dengan yang namanya “LCD Protector”.

Sebenarnya saya ingin  memberikan gambar contoh dari “Death Pixel” yang ada di laptop saya sendiri (layarku sudah terserang di beberapa titik), tapi ternyata titik tersebut tidak bisa di ambil, meskipun sudah menggunakan Snipping Tool, & Screen Capture.

Tapi untuk mengetahui layar kamu terserang death pixel atau tidak, ada cara simpel. Ikuti langkah berikut.

1. Pertama, kita harus bersihkan tampilan layar dari taskbar dan Shortcut. caranya, untuk menyembunyikan taskbar, klik kanan pada taskbar lalu pilih properties. Lalu pada taskbar appearance centangi pada opsi Auto-hide the Taskbar.

Sedang untuk menyembunyikan desktop icon (shortcut), maka klik kanan sembarang pada background layar, klik View, lalu hilangkan centang pada opsi show desktop icon.

Nah, sekarang dah bersih layar kamu…!!!

2. Selanjutnya kita ubah background layar menjadi warna tunggal. caranya : klik  kanan sembarang tempat. pilih personalize. (Nih, saya pake windows 7 lho prend…)

- Selanjutnya klik pada Desktop Background.

- Pada pictures location cari pilihan yang bernama Solid Colors :

solid colors

Selanjutnya tinggal kita pilih solid colors-nya satu per satu. Jika hendak mencari Death pixel yang kemungkinan berwarna hitam, maka klik pada background warna Putih, begitu juga dengan yang lainnya. Coba saja satu per satu warnanya sambil berharap semoga tak ada bencana yang bernama “The Death Pixel”.

Satu hal yang perlu diingat, tips di atas hanya sekedar untuk mengecek ada tidaknya pixel mati di LCD kamu. Ia adalah sebuah harga mati, maksudnya jika sudah terjadi dan jumlahnya sudah banyak, maka tak ada solusi lain kecuali harus ganti yang baru. Tapi untuk langkah awal, kamu bisa pergi ke service center dulu, minta keputusan terefektif dan terbaiknya mau gimana.

Sekian info dari saya, semoga membantu…!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar