Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Rabu, 07 September 2011

Trik–Trik Membuat File PDF

 

Apa itu file PDF ??

File dengan ekstensi PDF (Portable Document Format) adalah File yang sangat mudah untuk dibawa kemana-mana, bisa disusupi bermacam-macam file seperti gambar dan video. Ketika suatu file sudah berekstensi PDF, maka ia tidak bisa diubah-ubah (edit) lagi, kecuali harus dikonversi ke bentuk lain yang editable (word misalnya).

adobe readerUntuk membuka File PDF maka dibutuhkan software reader, dan yang paling banyak digunakan oleh orang di dunia adalah software adobe reader. Untuk mendapatkannya memang sangat mudah, yaitu download saja di situsnya adobe.com.

Tapi sayangnya untuk membuat file pdf sendiri tidaklah semudah mendapatkan readernya. Bahkan beberapa tahun yang lalu, membuat file PDF bisa dikatakan sangatlah mahal.

Untunglah pada saat ini sudah banyak software yang bermanfaat untuk membuat file PDF, dan banyak juga yang open source. Nah berikut ini beberapa previewnya :

1. PDF Creator

pdf creators

Pdf Creator merupakan salah satu software yang sifatnya free dan open source yang bisa diandalkan. Ia akan menginstal sebuah driver Printer Virtual di komputermu, dan dokumen yang kamu masukkan ke situ, hasil outputnya berupa file PDF. Aplikasi ini kecil hanya sekitar 18 MB. Download saja Softwarenya di sini

atau link langsungnya Di sini !!!

2. Open Office

Bagi kamu pengguna Microsoft Word, pantaslah iri kepada teman-teman yang menggunakan Open Office. Software ini kualitasnya bisa disandingkan dengan Microsoft Office, tapi sifatnya Open Source. Hebat bukan !!!

Jika kamu menggunakan MS Word, kamu harus mendownload dan menginstal dulu add-in “save as PDF or XPS” agar kamu bisa membuat file PDF.

Tapi dengan Open Office Writer, begitu kamu selesai membuat file berekstensi .Doc misalnya, dan akan mengkonversi ke .pdf, kamu tinggal mengklik “export directly as PDF” pada toolbar, atau klik File >> Export As PDF… selanjutnya sudah jadi deh file .pdf yang kamu harapkan.

open office

Bagi kamu yang berminat untuk pindah dari Ms Office ke Open Office, atau sekedar coba-coba Open Office,  silakan kunjungi situsnya di www.openoffice.org

1 komentar: