Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Senin, 31 Oktober 2011

Trik Mengamankan Folder, File dari User Lain Dengan Enkripsi Data

 

Komputer yang kita pakai terkadang tidak hanya digunakan oleh kita seorang, melainkan digunakan secara “berjamaah”, atau dapat dikatakan multi user. Sedangkan data di dalam harddisk tidak selamanya boleh dikorek-korek oleh publik (user lain). Karena kita juga butuh privasi kan ??? So, bagaimana cara termudah dan tersimpel mengamankan data kita dari jamahan orang lain ?

Sejak Windows Vista dirilis, para pengguna komputer lebih terjaga privasinya karena dilengkapi dengan fitur Enkripsi data. Dan fitur tersebut dilanjutkan terus sampai sekarang yaitu Windows 7. Nah, File yang telah dienkripsi itu tidak bisa diakses oleh pengguna lain, baik itu folder ataupun file.

Cara untuk melakukan enkripsi adalah sbb :

1. Buka Windows Explorer dan cari folder atau file yang akan dienkripsi.

2. Klik kanan pada file atau folder, dan pilih Properties.

3. Kemudian cari tab Advance dan klik.

4. Kamu akan dihadapkan pada jendela Advanced Attributes. Pada Compress or Encrypt attributes, centangi opsi Encrypt contents to secure data, dan klik OK. 

encrypt 1 

5. Ketika di klik Apply, maka selanjutnya akan muncul jendela lagi, yaitu Confirm Attribute Changes. Ada pilihan untuk mengenkripsi Folder saja, atau enkripsi folder, sub folder, dan semua file yang ada di dalamnya.

Dan jika sudah ditentukan, klik saja OK.

encrypt 2

Folder atau File yang terenkripsi ditandai dengan warna hijau pada namanya.

encrypt 3

Untuk menghilangkan attribut enkripsi, langkahnya seperti di atas. Hanya saja kita hapus centang yang ada pada opsi Encrypt contents to secure data.

Catatan : Jika kita memasukkan file ke dalam folder yang terenkripsi, maka file tersebut akan otomatis terenkripsi, dan sama halnya jika kita memindahkan file dari dalam folder terenkripsi maka file tersebut akan tetap terenkripsi dengan catatan enkripsinya adalah Folder, subfolders, dan files.

Sekian trik simpel dari saya, semoga bermanfaat.

Jangan lupa berkomentar yah !!!

1 komentar:

  1. gan cara menghentikan Encrypt contents to secure data, gimana yah??

    BalasHapus