Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Sabtu, 12 November 2011

OpenOffice.org ; Software Opensource Setingkat Microsoft Office

 

OpenOffice.org 3

Apa bagusnya memakai OpenOffice.org ???

Bagi kamu yang sadar dengan buruknya sebuah aksi pembajakan, dalam hal ini adalah berkaitan dengan dunia software, maka kamu pasti akan segera mencari software-software dengan  lisensi “freeware”.

Hampir dapat dipastikan jika aplikasi office yang digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini 70% lebih adalah Microsoft Office tidak asli (bajakan). Karena MS Office yang orisinal sangatlah mahal, yaitu sekitar Rp 900.000,00. Kalau dipikir-pikir, harga satu software sudah bisa untuk beli sebuah PC pentium 3.

Kesadaran masyarakat akan barang-barang bajakan masih sangat rendah. Dilematis memang kalau kita harus memilih antara software yang orisinal dengan software bajakan, untuk kalangan kita yaitu orang-orang yang hidup di negara berkembang. Jika kita tidak memakai software yang bajakan, maka kita akan sulit berkembang, terutama bagi orang yang masih awam di dunia komputer, karena orang pertama kali mengenal aplikasi office pengolah kata biasanya adalah MS office. Padahal MS office bukanlah sebuah software free, atau lisensinya tidak gratis.

Sedangkan jika kita memilih software yang opensource (freeware), kita mungkin harus berhadapan dengan anggapan bahwa software gratisan itu biasanya kualitasnya tidak sebanding dengan software yang berbayar, meski harus rela melakukan pembajakan. Atau mungkin kita enggan berpindah ke opensource karena harus meluangkan waktu untuk mempelajari kembali cara-cara penggunaan software dari nol.

Untuk tingkatan software pengolah kata, sepertinya tidak ada alasan untuk membajak lagi, karena dari golongan opensource telah ada sebuah software yang sangat mumpuni. Ia adalah OpenOffice.org.

Seiring dengan berjalannya waktu, OpenOffice.org semakin bertambah baik, dan semakin disempurnakan. Pokoknya jika kamu menggunakan OpenOffice.org, kamu tidak akan terlalu kecewa. Karena tampilannya hampir sama dengan MS Office, dengan tombol fungsi yang hampir sama juga. Jika kamu telah mahir menggunakan MS Office, maka dengan belajar sedikit saja saya kira kamu sudah akan menguasai OpenOffice.org. Dengan kepuasan kalau “Saya Bukanlah Seorang Pembajak Software !!!”.

Jika kamu tertarik untuk menjajal kemampuan OpenOffice.org kamu bisa download di http://download.openoffice.org/. Lalu ada apa saja di OpenOffice.org ?

1. OpenOffice.org Writer

Adalah aplikasi pengolah dokumen kata-kata setara dengan MS Office Word. Format output dokumen ini defaultnya adalah *.odt, tapi  jika ingin nantinya dibuka dengan MS Office, maka ekstensinya bisa diganti dengan *.doc.

OpenOffice.org 4

2. OpenOffice.org Calc

Setara dengan MS Excel, yaitu pembuat spreadsheet. Format defaultnya adalah *.ods

OpenOffice.org Calc

3. OpenOffice.org Impress

Si pengolah dan pembuat presentasi, setara dengan MS Powerpoint. Format outputnya adalah *.odp.

openOffice.org Impress

4. OpenOffice.org Draw

aplikasi untuk menggambar

open office Draw

5. OpenOffice.org base

OpenOffice.org Base

6. OpenOffice.org Math

OpenOffice.org Math

7. OpenOffice.org (Templates…)

Untuk mengatur template

OpenOffice.org (templates)

Jadi, sekarang tidak ada lagi alasan untuk tetap membajak kan ???

“KITA BISA MAJU TANPA MEMBAJAK !!!”

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

Jangan lupa kasih Komentar ya !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar