Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Jumat, 27 Mei 2011

Membakar (Burning) Keping CD dengan Windows Media Player

Tahukah kamu jika untuk membakar file foto, musik, video, dll, bisa kamu lakukan dengan menggunakan Windows Media Player (WMP) ? Yah, ternyata WMP dapat digunakan untuk memasukkan musik-musik yang ada di Library kamu ke dalam keping CD atau DVD. Tentunya WMP yang dimaksud disini adalah yang versi baru, minimal WMP 11.

Lalu bagaimana caranya ? langsung saja, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka Windows Media Player. Bisa dengan klik Start >> All Programs >>Windows Media Player. Jika WMP sedang berada pada mode Now Playing, maka klik pada tombol “Switch To Library”switch to library

2. Pada Player Library, klik tab “Burn”, dan klik tombol “burn Options” burn option. dan pilih “Audio CD” atau “CD or DVD option”.

jika kamu ingin membakar musik secara standar ke CD yang bisa dimainkan oleh CD player, maka pilih opsi “Audio CD” (hanya untuk musik berdurasi kira-kira 80 menit ).

Tapi jika ingin memasukkan file yang lebih besar dan bermacam-macam, maka pilih “Data CD or DVD option” (misalnya ingin memasukkan musik, sekaligus foto dan video). Tapi jika ingin di play menggunakan CD player maka file musiknya juga harus kompatibel dengan CD player. Misalnya filenya mesti MP3. Jika belum berjenis MP3 maka harus dikonversi dulu menjadi MP3.

3. Masukkan disk kosong ke dalam CD atau DVD burner (CD-ROOM) kamu. Jika seumpama muncul kotak dialog “Autoplay”, maka tutup saja.

4.  jika perlu, klik pada tombol ”Clear List” untuk menghapus semua item daftar lagu sebelumnya.

5. Selanjutnya, cari file-file yang akan dibakar dan tambahkan ke “playlist”.

6. Untuk membuat daftar yang akan dibakar, geret (drag) item yang akan dibakar dari details pane (di tengah Playlist Library) ke List Pane (sebelah kanan)

7. Jika akan menghapus daftar lagu di List pane tersebut, klik kanan >> Remove from List.

- Jangan takut, menghapus item dari daftar lagu tak berarti menghapusnya dari komputer kamu.

8. Jika sudah mantab dengan Daftar yang telah dipilih, klik “start Burn” . Dan tunggu beberapa menit sampai proses selesai.

bakar CD

Sekian tips kecil dariku, semoga bermanfaat. Itung-itung tak perlu pusing untuk cari software lain untuk membakar CD.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar