Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Jumat, 27 Mei 2011

Mengenal pengaman (Protector) pada Laptop/Netbook

Laptop/Netbook/barang elektronik lainnya merupakan benda-benda yang sangat rentan terjadinya kerusakan jika terkena air. Jika air sudah berhasil memasuki casing atau bagian luar perangkat keras, dan selanjutnya menjamah mesin dari komputer itu sendiri, maka kerusakan dari komponen-komponen sudah tidak bisa dibendung lagi.

Apalagi saat musim hujan datang seperti sekarang ini, kita musti lebih berhati-hati ketika harus membawa laptop kita kesana kemari. Pastikan tas untuk membawa laptop tidak basah terkena air. Atau paling tidak, air tidak merembes dan menyentuh laptop kamu.

Namun, pastinya kamu sudah tahu kan, kalau yang dapat merusak laptop itu tidak hanya air semata. Banyak hal, seperti debu, kotoran, dll, yang juga bisa merusak Hardware laptop. Nah untuk memproteksi Laptop dari air, goresan, debu, kotoran, dsb, para pabrikan ingin membantu anda dengan menciptakan alat-alat pengaman komponen. Tujuannya sendiri sudah pasti, untuk mengamankan dan meminimalisir air/kotoran agar tak menyentuh dan masuk ke komponen yang diproteksi.

Ada dua macam protector yang menurutku sangat penting untuk dipasang pada laptop kamu. Yang pertama adalah LCD protector.

LCD protector

Seperti yang tampak pada gambar, alat tersebut terbuat dari bahan mika, anti air, dan bisa menempel pada layar tanpa harus menggunakan perekat.

Protector tersebut mengcover semua sisi LCD sehingga tidak kemasukan debu, air, dan kotoran lain. Selain itu LCD juga menjadi tahan goresan, dan terjaga dari kelembaban yang bisa menyebabkan jamur pada layar laptop.

Harga dari LCD protector tersebut bermacam-macam sesuai ukuran, seri, dan kualitasnya. Ada yang termurah yaitu Rp 20 ribuan sampai Rp 120 ribuan.

Yang kedua, yang peranannya sangat vital adalah keyboard protector, karena jika keyboard terkena air dan merembes ke dalam mesin, maka sangat dimungkinkan akan terjadi masalah pada mesin komputer. Kalau di LCD mungkin tidak terlalu berbahaya dan fatal akan hadirnya air yang tak diundang, tapi di keyboard hal tersebut sangatlah riskan.keyboard protector

Keyboard protector seperti yang tampak pada gambar di atas, terbuat dari bahan semi karet yang halus, dan terasa kenyal saat disentuh. Dan yang paling penting, alat tersebut anti air. Protector tersebut juga sangat fleksibel karena bisa dicopot dan dipasang kembali sesuai dengan kebutuhan. Memang pada waktu tertentu, atau setelah digunakan, perlu untuk dilepas. Sebab, kadang-kadang alat tersebut membuat panas dari dalam mesin menjadi terjebak, dan tidak bisa keluar dengan baik..

Sekian dan terima kasih…!!!

1 komentar:

  1. Kalo boleh tahu pengaman (Protector) pada Laptop/Netbook itu fungsinya untuk apa ya...Btw kalo kita mau servis Laptop Komputer
    yang bagus dimana ya gan...Kita tunggu balasannya gan..

    BalasHapus