Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Senin, 09 Mei 2011

Trik Menghemat Bandwidth Internet

 

1. Mematikan setting Automatic Updates

Setiap kali software habis diinstal, biasanya akan memasang Automatic Updates sebagai salah satu seting defaultnya. Memang hal tersebut terkadang penting, yaitu ketika yang akan diupdate adalah program antivirus, karena AV memang harus sering-sering diupdate. jika bandwidth kamu melimpah, itu sih gak ada masalah. Tapi bagaimana jika kamu menggunakan koneksi dengan dial-up, atau paket quota Bandwidth (volume Based) ? pasti hal tersebut sangatlah memboros-boroskan bandwidth internet kamu.

Maka sebaiknya disetiap software yang kita instal, pindahkan ke setting manual update. Tak terkecuali pada Windows sendiri.

Masuk ke control Panel >> Security Center >> turn off Automatic Updates.

2. Mematikan fitur untuk load Images dan Sound

Ketika kita searching informasi di internet, dan yang kita butuhkan hanya textnya saja dari suatu situs web, maka kamu bisa melakukan blokir Images maupun Sound. Konten-konten dalam bentuk Images dalam suatu web merupakan salah satu penyumbang terbesar yang menyedot bandwidth. Coba saja kamu masuk ke situs yang banyak sekali konten gambar, dan animasi flashnya, pasti bakalan lama untuk meload halamannya. Bandingkan dengan situs yang halamannya hanya simpel, sedikit images, pasti akan lebih cepat.

Nah untuk menonaktifkan Load Images, buka Browser kamu !!!

kalau di Opera, masuk ke menu >> page >> Images >> no images

Mozilla Firefox : Tools >> Options >> Content >> hilangkan tanda centang pada Load images Automatically

Pada IE : tools >> Internet Option >> Advanced >> trus di Setting cari di bagian Multimedia. Silakan hilangkan tanda centang pada Show Pictures.

3. Install add-on pemblokir iklan

Iklan yang ada di sana-sini juga akan memberatkan loading suatu halaman web. Gunakan add-on untuk memblokir iklan tersebut. Salah satunya yaitu add-on Adblock plus yang support Browser Firefox. Add-on ini bisa mengeblok iklan gambar dan animasi flash.

untuk alamat downloadnya yaitu www.addons.mozilla.org

4. Gunakan satu macam browser saja

firefoxxchromeopersIE

Jika kamu suka dengan firefox, maka gunakan terus firefox. Jika suka IE, ya konsisten pake IE. Begitu juga dengan browser yang lain semisal Opera, Chrome, atau Safari. janganlah suka berpindah-pindah. Mengapa ??

Setiap browser memiliki cache tersendiri. ketika kamu berkunjung ke satu situs maka sebagian data dari situs tersebut akan tersimpan di dalam browser dalam bentuk cache. Cache ini akan bermanfaat ketika kita akan berkunjung kembali ke situs web yang pernah kita kunjungi itu. Sehingga browser tidak akan mendownload seluruh data-datanya karena sebagian telah tersimpan dalam bentuk Cache.

Itulah beberapa trik untuk menghemat bandwidth internet. Untuk trik yang lain silakan searching sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar