Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Rabu, 11 Mei 2011

Tips Menjaga Keawetan Flashdisk

Jika kamu adalah seseorang yang sering berkutat dengan data-data digital, sering kesana-kemari dengan membawa tugas, laporan, maupun perangkat lunak (software) portable. Maka pastinya kamu  sudah menjalin hubungan baik dengan benda sebesar ibu jari yang namanya “flashdisk”.

efDe

Flashdisk memang semakin familiar dengan kehidupan manusia seiring dengan meningkatnya aktifitas manusia yang berhubungan dengan data digital. Akibatnya, flashdisk seperti sebuah barang kebutuhan.

Lha, kalau sudah menjadi barang kebutuhan, maka sepertinya penting bagi kita untuk merawatnya agar bisa tetap awet dan mampu mendukung setiap kepentingan kita. Yah,menjaga keawetan flashdisk dirasa perlu, sekalipun sekarang ini harga flashdisk sudah jauh lebih murah daripada beberapa tahun yang lalu. Bagaimana tidak, dengan uang kurang dari seratus ribu, Flashdisk berkapasitas 4 Gb sudah berada di genggaman kita.

Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar flashdisk kitaawet dan senantiasa berada pada performa terbaiknya :

1. Hindari Air

Seperti alat-alat elektronik lainnya, flashdisk juga tidak bersahabat dengan air. Korsleting sangat mungkin terjadi, Saat flashdisk dihidupkan dan salah satu area pada komponennya basah karena kena air. Memang ada merek-merek dari produsen tertentu yang diciptakan agar bisa tahan terhadap air, tapi hal yang paling bijaksana adalah sebisa mungkin hindarkan Flashdisk dari yang namanya cairan.

2. Hindari Panas yang Berlebih

Flashdisk juga rawan rusak jika terkena panas yang berlebihan, sama halnya dengan Komponen elektronik juga perlu dijauhkan dari panas. Panas ini bisa berasal dari faktor lingkungan, seperti panas matahari, maupun dari sumber-sumber api. Sedangkan faktor dari dalam  yaitu karena dicolokkan dan digunakan secara terus menerus.

3. Hindari Benturan yang Terlalu Keras

Flashdisk memang lebih tahan banting dibandingkan dengan barang elektronik lainnya. Berdasarkan pengalamanku nih ya… flashdiskku pernah jatuh dan casingnya sampai pecah menjadi beberapa bagian, bahkan sampai beberapa kali. Tapi sampai saat ini masih aman-aman saja untuk menyimpan data, dan tidak ada cacat sedikitpun. Meskipun tahan banting, namun akan lebih baik jika menggunakannya secara hati-hati, dan menghindari jangan sampai jatuh.

4. Jauhkan dari Medan Magnet

Medan magnet yang terlalu kuat memang dapat merusak barang elektronik, tak terkecuali Flashdisk milik kamu. Meletakkan flashdisk di dekat TV, atau handphone merupakan tindakan yang kurang baik. So, Jangan deket-deketin deh sama barang-barang yang  berpotensi menghasilkan medan magnet.

5. Hindari dari Kotoran dan Debu

Kotoran atau debu yang menempel pada logam akan menimbulkan korosi. Dengan korosi ini hantaran listrik akan menjadi tidak maksimal. So, hindari port USB Flashdisk kamu yang notabene terbuat dari logam itu, dari debu dan kotoran lain. Sangat baik jika dalam keadaan tak digunakan, selalu ditutup ujung portnya.

Tips diatas adalah tips untuk menjaga keawetan flashdisk dari segi fisiknya, sedangkan untuk merawat data-data yang ada di dalamnya, berikut ini disampaikan beberapa tipsnya :

1. Lakukan Proses Eject dengan benar

Setelah selesai digunakan, cara mencabut Flashdisk hendaknya dilakukan dengan benar. Yaitu dengan klik kanan >> Eject (pada windows explorer) atau klik “safely remove hardware and eject media” yang ada pada tray icon.

safely remove

Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian, baik itu karena kerusakan Fisik, maupun kehilangan data-data pada flashdisk.

2. Lakukan proses Scanning

Sebelum kita meng-copy and paste data ke flashdisk kita, lakukan proses scanning virus dengan antivirus yang baik dan terupdate. Hal ini dikarenakan flashdisk yang terkena virus hanya akan menjadi biang masalah bagi komputer yang akan dicolokkan flashdisk tersebut, maupun flashdisk itu sendiri.

3. Gunakan Seperlunya

Sesuai fungsi dan namanya “ data Traveller”, sebaiknya gunakan Flashdisk hanya untuk tempat lalu lintas data atau tempat transit sementara data-data anda. Jika sudah selesai memindahkan datanya ke komputer, sebaiknya dicabut saja.

Kalau digunakan secara terus-menerus atau dalam jangka waktu yang lama tercolok di USB komputer, maka akan timbul panas yang secara teori jelas tidak baik bagi kesehatan si flashdisk.

demikian tips dari saya. Semoga bermanfaat !!!!!

source : gugling.com

2 komentar:

  1. Gan ada gak caranya untk menghilangkan virus dalam hardisk biar virusnya gak masuk ke Laptop Komputer

    BalasHapus
  2. Hay gu'y, salah satu cara Untuk menghilangkan virus di dalam kompie adalah dengan antivirus yang bisa krj di DOS. AVAST misalnya. ketika kita selesai men-scan kompie, selanjutnya ada printah utk restart dan ketika booting, avast akan melakukan scanning lewat DOS(layarnya hanya biru doank). Pengalamnku sih, jitu dgn cara tsb.

    BalasHapus