Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Selasa, 31 Mei 2011

Ngeblog Offline dengan Windows Live Writer

Bagi kamu yang suka akan menulis di blog, atau mempunyai blog, tapi koneksi internet di rumah tak terlalu bisa dibanggakan, atau bahkan tak ada koneksi internet, kamu bisa mencoba salah satu software yang dikeluarkan oleh  perusahaan Microsoft ini. Yah, namanya windows Live writer. Ia termasuk dalam jajarannya produk-produk Windows Live milik Microsoft. Dan kabar baiknya, software ini sifatnya freeware, alias gratis.

live writer 2011

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa dipetik dari software ini. Salah satu yang utamanya yaitu agar kamu semua bisa menulis artikel/postingan blog secara offline, atau tanpa koneksi internet. Koneksi internet baru kamu butuhkan jika mau mempublikasikannya di blog kamu. jadi irit-irit dikitlah…

Berikut ini adalah contoh sederhana tampilan dari Windows Live Writer !

live writer 

Bagaimana Cara Instalasinya ?

Pertama-tama, download dulu softwarenya di situs get.alive.com

setelah didownload maka kamu akan mendapati file .exe sebesar 1.257 kb dengan nama “wlsetup-web.exe”. Double klik file installer tersebut.

Oh iya, satu hal yang musti diperhatikan adalah cara penginstalan windows live writer ini harus terkoneksi dengan internet. Karena softwarenya akan langsung terinstal di komputer kamu begitu proses download selesai.

Setelah installer tersebut berhasil konek dengan internet maka selanjutnya akan muncul pilihan aplikasi-aplikasi apa saja dari windows Live yang ingin kamu instal. Tapi sebaiknya centangi saja pada opsi “Writer”, karena aplikasi lainnya biasanya telah terinstal ketika instal windows pertama kali dulu.

Klik install,  maka proses installasi akan berlangsung. Agak lama memang prosesnya, bisa sampai 5 menitan karena proses installasi sekaligus download file-file aplikasinya.

Setelah proses installasi selesai maka buka aplikasi tersebut, bisa lewat Start >> Windows Live >> Windows Live Writer.

Setelah itu kamu akan diminta mengkonfigurasi dengan alamat blog kamu. Klik next saja…!

selanjutnya, pilih jenis blog kamu apa ? apa blogspot, wordpress, dll. Dan masukkan nama blog beserta passwordnya.

live writer

Setelah itu tinggal menunggu proses konfigurasi selesai. Dengan begitu, kamu sudah bisa menulis artikel di blog kamu secara offline, namun suasananya seperti berada di template blog kamu yang sebenarnya.

Lalu bagaimana jika di rumah kamu tidak ada koneksi internet ?

Akan menjadi masalah jika ketika kamu mau menginstal windows live writer tapi kamu tak mendapati koneksi internet. Nah, solusinya kamu harus mencari installer yang bisa bekerja tanpa koneksi internet. Kamu bisa mencarinya di situs Softpedia.com. Nih aku kasih linknya klik disini

Untuk cara instalasinya hampir sama dengan Versi online installer, hanya ada sedikit perbedaan. Silahkan dicicipi saja…

Selamat mencoba !!!

2 komentar: