Sugeng Rawuh !!!

Mari kita manfaatkan dunia teknologi dan internet untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Sabtu, 07 Mei 2011

Trik Merawat Layar (LCD) Laptop

Dari sekian banyaknya perangkat-perangkat pada Laptop, layar (LCD) merupakan salah satu yang termahal harganya. Bisa 1-2 juta harganya. Maka sudah semestinya kita berikan perawatan terbaik untuk LCD kita. Itung-itung sebagai investasi. Kan ada pepatah bilang “Lebih baik mencegah daripada Membeli… eh, mengobati…”. Maksudnya, daripada kita nantinya harus membeli lagi LCD yang baru, lebih baik dari sekarang kita rawat baik-baik. Lakukanlah kebiasaan-kebiasaan yang tidak menimbulkan resiko kerusakan pada layar laptop.

Lalu kebiasaan apa yang seharusnya kita lakukan agar layar LCD laptop tetap awet, panjang umurnya, dan tetap pada performa terbaiknya :

1. Biasakan untuk membersihkan layar laptop dari debu-debu yang menempel. Semakin lama debu menempel, maka akan semakin sulit dibersihkan. Dan debu yang menempel di layar ini menimbulkan kerusakan pada bagian yang tertempeli. Tapi perlu diingat, jangan serampangan ketika membersihkannya. Usahakan memakai kain yang sangat halus (ada kain khusus untuk membersihkan layar), dan gunakan sedikit cairan, boleh pakai air bersih.

2. Jangan menggunakan laptop dalam jangka waktu yang lama (untuk nge-game mungkin). Biasanya kalau sudah main game favorit, jadi betah di depan layar, malah bisa berjam-jam. Ini akan membuat layar laptop semakin panas. Biasakan untuk tidak menghidupkan laptop tidak lebih dari 3 jam. Kamu bisa mati’in sebentar, sekitar 20 menitan lalu bolehlah dihidup’in lagi.

3. Seperti yang telah disebutkan di atas, panas merupakan musuh utama bagi LCD. Maka, hindari sumber-sumber panas baik itu dari laptop itu sendiri maupun dari sumber panas lainnya.

Panas dari laptop itu misalnya begini, ketika kita selesai menggunakan laptop, kita biasanya langsung menutup layar. Bahkan kalau lagi terburu-buru, biasanya langsung masuk ke dalam tas. Padahal kita tahu jika setelah laptop dimatikan, panas biasanya masih demen nongkrong di sekitar keyboard.

Saran saya, sebaiknya layar jangan langsung ditutup, biarkan panasnya berkurang terlebih dahulu. Sepertinya akan lebih baik lagi jika kita menggunakan pendingin tambahan (coolpad), karena dengan begitu panas akan cepat pergi dari laptop.

sedangkan sumber panas lain adalah dari sinar matahari langsung. Bagi kamu yang suka berhotspot ria, terutama di Outdoor pilihlah tempat-tempat yang sejuk, di bawah pohon mungkin. Jangan pilih tempat yang panas mataharinya berlebih. Karena hal tersebut sedikit banyak akan mempengaruhi suhu badan si laptop. Idealnya memang mesin komputer itu bekerjanya di suhu yang dingin ( 0°C - 35°C ).

4. Setingan contrass pada layar dibuat sedang / low saja, agar layar, VGA, bekerjanya agak ringan. Trus dengan begitu mata kita juga tidak cepat lelah kan. Lagipula kecerahan layar mempunyai andil besar dalam menyedot daya baterai.

5. Ketika membuka layar laptop, bukalah dari kedua sisi sampingnya. Jangan buka lewat sisi tengahnya karena ada komponen yang rentan kerusakan di sana. Ketika membukanya pun sebisa mungkin untuk pelan-pelan. Salah-salah malah bisa ngerontok’in engselnya nanti… Kan berabe jadinya. Perlakukanlah layaknya seorang permaisurimu…

Akhir kata, Kebiasaan kita adalah cermin dari panjang pendeknya umur barang-barang elektronik kita.

Sekian, semoga trik ini bermanfaat !!!

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar